hit counters

Pembuatan Kaca Tempered untuk Railing Kaca

Anda tentu sudah tidak asing dengan railing kaca. Kaca yang kerap digunakan sebagai sekat atau railing tangga di pusat perbelanjaan ataupun gedung perkantoran. Kaca tersebut merupakan kaca khusus yang dikenal dengan nama tempered glass. Tahukah anda bagaimana cara membuatnya?

Tempered glass dapat dibuat dari kaca bening ataupun kaca warna. Tergantung dari permintaan pembeli, menginginkan kaca transparan atau berwarna. Kaca kemmudian dipotong dan digosok. Tujuannya agar potongan tersebut tidak tajam, dan melukai kulit.

Jika gosokan kurang baik, dapat menyebabkan kaca pecah ketika berada di dalam furnace. Kemudian jika ada permintaan lubang (misalnya untuk pemasangan gagang pintu), akan dikerjakan kemudian. Lubang atau cowakan disesuaikan dengan pesanan dari pembeli, begitu juga dengan ukuran cowakan tersebut.

Selanjutnya kaca yang sudah siap diproses, dicuci dan dikeringkan terlebih dahulu. Setelah benar-benar kering, kaca dipanaskan pada suhu 700 derajat celsius. Kemudian kaca didinginkan secepatnya. Proses pendinginan yang cepat akan membuat stress pada kaca. Stress inilah yang membuat kaca lebih kuat.

Setelah proses pendinginan selesai, kaca tersebut berubah menjadi tempered glass. Tempered glass ini kemudian dipasang sebagai railing kaca di tempat yang diinginkan oleh pembeli. Bisa untuk sekat ruangan, ataupun sebagai tangga. Dan jangan khawatir, karena tempered glass memiliki daya tahan yang jauh lebih kuat dibanding kaca biasa.

Hak Cipta © 2014 - 2015 RailingGlas.com, All Rights Reserved | Kembangan Raya 8A - Jakarta Barat

brush teeth Hit Obat Nyamuk